Menjadi Seorang Wirausaha Instan

Dari bayi kemudian bisa langsung berjalan, pernahkah kita temui kejadian seperti ini di dunia kalau ada akan cukup mengejutkan banyak orang. Seperti halnya seorang bayi untuk bisa berjalan butuh proses, jatuh, bangun, merambat, tengkurap dan setiap bayi pasti berbeda beda dalam hal mencapai sebuah proses untuk bisa berjalan. Ada yang bisa cepat ada yang butuh waktu tergantung dari gen atau dari banyak hal. Ini merupakan sebuah seri dari artikel mengenai menjadi seorang Wirausaha sejati dan sukses. Banyak tokoh pengusaha yang telah melalui banyak hal dalam menjalani proses untuk menjadi seorang entrepreneur.

Seperti hal nya bayi yang saya gambarkan diatas dunia usaha juga butuh sebuah proses tidak ada yang serba instan dalam menyelami dunia wirausaha. Kesuksesan merupakan sebuah hasil dan proses panjang yang datang menghampiri karena sebuah proses akibat.  Melalui jalan yang jauh berliku, menghadapi masa jatuh bangun yang mungkin akan di hadapi tidak hanya sekali dua kali. Dan ingatlah untuk menjadi seorang pengusaha di perlukan waktu yang tidak singkat. Banyak pengusaha sukses yang telah menuliskan biografi singkat tentang perjalanan hidup mereka hampir semua orang pasti pernah mengalami proses jatuh bangun dalam memulai dan menjalankan usaha mereka. Usaha yang telah mereka bangun tidak seperti membalikkan tangan mereka tetapi penuh dengan keringat, air mata bahkan darah yang harus mereka keluarkan.

Dan patut kita catat pula bahwa wirausaha tidak harus dan selalu identik dengan modal. Memang kita perlu modal dalam memulai suatu usaha tetapi jangan dijadikan sebagai patokan sehingga kita enggan akan memulai sebuah usaha. Bahwa dalam proses membangun sebuah usaha dan menjadi seorang entrepreneur sukses tidak harus diukur dengan berapa modal yang telah mereka siapkan dan keluarkan, karena betapa banyak calon calon pengusaha dengan modal yang tak terbatas akhirnya gagal juga dalam mengarungi dunia usaha. Dalam dunia usaha yang dinamis diperlukan ketekunan dan fokus ketika kita menjalani roda usaha kita baik ketika kita sedang memulai dan bagaimana kita mempertahankan roda tersebut agar dapat selalu berputar. Seorang entrepreneur sejati memerlukan sebuah kemauan, passion  dan juga perjuangan dalam menjalani dunia kewirausahaan.

Advertisements

One thought on “Menjadi Seorang Wirausaha Instan

  1. Pingback: Sikap Wirausaha Terhadap Perubahan « Ade Ermansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s