Tips Berwirausaha 1 Memulai Usaha

Sekarang kita akan membahas tips berwirausaha pertama yaitu memulai sebuah usaha. Mungkin setiap orang akan mempunyai tips dan langkah langkah yang berbeda ketika mereka memulai sebuah usaha. Ada yang harus survey, lobi sana lobi sini, mencari bentuk usaha dan masih banyak langkah lainnya. Apa yang saya kemukakan dalam artikel ini adalah sebagai pengalaman pribadi saya ketika akan memulai sebuah usaha walaupun sampai saat ini saya masih belum ada usaha yang mapan tetapi alhamdulillah sampai saat ini saya terus mencoba untuk menemukan usaha apa yang cocok dan dapat saya kembangkan di kemudian hari. Karena saya berharap usaha yang akan saya rintis dapat di jadikan usaha turun temurun kepada anak dan cucu saya.

Untuk langkah awal dalam tips berwirausaha ini saya akan memberikan gambaran langkah langkah yang sifatnya persiapan bagi diri kita sebelum memantapkan diri untuk menempuh hidup sebagai seorang entrepreneur.

  1. Pastikan baik keluarga orang tua mendukung dengan langkah langkah kita kalau belum mendukung buktikan bahwa apa yang kita pilih merupakan suatu keputusan yang tepat.
  2. Jangan memulai suatu usaha dengan usaha yang tidak sesuai dengan kemampuan baik dari sisi permodalan maupun jenis bisnis yang akan kita jalani.
  3. Meminimalisir penggunaan sumber modal yang besar, kecuali kalau kita memang memiliki sumber permodalan yang cukup banyak apabila kita gagal maka kita tidak akan terpuruk terlalu dalam.
  4. Sebisa mungkin jalani usaha yang akan kita geluti tanpa ada campur tangan orang lain sehingga kita dapat memahami seluk beluk dari bisnis ini sampai benar benar kita membutuhkan bantuan orang lain.

Tips berwirausaha yang mudah bukan, memang terlihat simple tetapi ketika kita ingin memulai butuh effort yang sangat besar. Janganlah berputus asa ketika kita memperoleh kegagalan. Ingat banyak orang yang telah melewati masa masa sulit dalam kegagalan akhirnya dapat menikmati kesuksesan. Kegagalan merupakan langkah dan tangga awal menuju keberhasilan dan kesuksesan. Kesuksesan tidak dapat di ukur dengan materi tetapi bisa juga hal hal lain selain dari materi yang terlihat. Mau mencoba dan menikmati kegagalan!  

2 thoughts on “Tips Berwirausaha 1 Memulai Usaha

  1. Pingback: Tips Berwirausaha 2 Masih untuk Pemula « Ade Ermansyah

Leave a Reply

