Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

Saat nya kembali menulis di blog sederhana ini, sudah agak lama tidak menulis padahal banyak ide tulisan yang akan di tuangkan dalam artikel di blog ini. Jangan lihat judul artikel ini sebagai artikel yang berat tetapi lihat dan baca terlebih dahulu. Bukan saya merasa pintar dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi, yah seperti yang saya ungkapkan dalam artikel pertama sekedar ide dalam hal saya mendalami topik Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi. Kenapa harus dunia teknologi informasi dan komunikasi, sebuah pertanyaan yang akan saya coba jawab. Pasti pernah membaca di koran baik online maupun offline mengenai  saling klaim hak cipta antara apple dan samsung bukan?, dari peristiwa ini akan saya coba bahas tentang strategi ini dari kaca mata saya.

Satu sisi apple merasa mereka yang berhak atas sebuah penemuan untuk produk mereka sisi lain samsung pun merasa berhak untuk memakai teknologi yang sudah ada, pasti bagi kita dibuat bingung dengan kondisi ini. memang terlihat sepele dan juga konyol dalam hal masalah hak paten ini. Karena bagi kedua produsen alat telekomunikasi tersebut dapat mematikan bahkan merugikan salah satu pihak. Di sinilah peran strategi bisnis lihat, amati, tiru dan modifikasi bertindak. Ketika salah satu produsen teknologi tersebut memunculkan sebuah produk maka produsen lain pun sudah mulai ancang ancang untuk melihat apakah ada teknologi yang baru yang dapat mereka tiru kemudian akan mereka kembangkan sehingga terlihat tidak mencuri ide orisinalitas dari saingan mereka.

Nah gimana kawan sudah terbayang belum mengenai Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi yang saya paparkan di atas. Intinya adalah bahwa sebuah perusahaan sebesar samsung pun mereka akan terus berusaha untuk mengembangkan sebuah produk dari produk lama di tambahkan dengan beberapa fitur baru pada produk anyar mereka. Seperti teknologi Ipod yang terkenal, mereka mencoba mengembangkan teknologi dari sebuah produk Walkman dari Sony yang terkenal pada tahun 80an dan 90an. Nah sekarang gimana kawan kawan calon pengusaha dan para pengusaha apakah siap menerima tantangan ini.

 

Advertisements

One thought on “Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi

  1. Pingback: Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Fashion « Ade Ermansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s