Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Makanan

Ied Mubarok Alhamdulillah weekend yang padat hanya sekedar antar anak dari satu mesjid ke mesjid yang lain untuk satu tujuan melihat sembelihan qurban baik sapi dan kambing. Walau belum bisa berqurban tahun ini insyaAllah mudah mudahan tahun depan bisa. Saatnya fokus dengan tujuan dan mulai berbisnis kembali. Masih dalam blog yang sederhana dengan artikel yang penuh manfaat insyaAllah. Saya masih membahas seputar bisnis strategi tapi dalam bidang lain. Masih ada satu seri artikel lagi untuk materi ini. Saat nya sekarang membahas Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Makanan. Seperti apa sih bidang ini menerapkan strategi Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi.

Materi ini sempat menjadi bahan diskusi di sebuah lembaga bahasa inggris yang pernah saya ikuti, pembahasan yang sederhana tetapi penuh makna. Saat itu sebuah contoh perusahaan franchise burger yang terkenal di Amerika yang ekspansi bisnis di negara Jepang. Yang menjadi pertanyaan kenapa franchise tersebut tidak bisa berkembang di negara tersebut. Padahal dari sisi harga dan rasa boleh dibilang masuk dengan selera orang Jepang tetapi kenapa tidak dapat berkembang yah. Setelah terjadi diskusi yang cukup panjang dengan berbagai argumen seadanya ada semacam kesimpulan bahwa budaya orang Jepang tidak cocok dengan apa yang di tawarkan oleh franchise tersebut, disini lah peran Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi perlu di terapkan.

Salah satu studi kasus yang lain adalah kebalikan dari kasus di atas ada salah satu franchise makanan cepat saji yang bercita rasa jepang tetapi amat sukses dalam mengembangkan bisnis makanan nya di Indonesia mengapa demikian, karena mereka dengan cerdik dan cermat menerapkan Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi untuk dapat di terima oleh masyarakat kita. Bagaimana mereka menciptakan rasa sesuai dengan lidah orang Indonesia tanpa memaksakan harus sesuai dan menggunakan bahan asli dari Jepang. Segmentasi yang di tuju pun demikian, karena kalau memaksakan menggunakan bahan bahan asli pasti harga yang di tawarkan pun akan mahal. Disini lah kita perlu meracik sebuah bisnis strategi yang memang sesuai jadi Strategi Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi amat lah penting perlu untuk dapat selalu eksis di dunia bisnis.

Advertisements

2 thoughts on “Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Makanan

  1. Pingback: Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Minuman « Ade Ermansyah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s