Strategi Bisnis untuk Pemula Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi

Alhamdulillah akhirnya kembali bisa menulis di blog saya yang sederhana ini, beberapa hari ini harus menunduk sementara dengan aktifitas menulis. Ada beberapa proyek kecil yang harus di kerjakan plus sedang menjalani tantangan kecil untuk diri saya sendiri. Tantangan, penasaran khan, di awali menulis status di sebuah grup Facebook yang saya ikuti yang beberapa bulan ini sedang saya pelajari. Belajar SEO tepatnya alhamdulillah banyak kawan yang mau berbagi ilmunya, walau sedikit demi sedikit yang penting praktek dan alhamdulillah saya sudah bisa menaklukkan beberapa Kata Kunci atau Keywords dengan nilai kompetensi yang rendah, yah untuk pemula lumayan lah. Nah apa sangkut paut nya dengan strategi bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi.

Pada dasarnya ketika memulai sebuah usaha tidak harus dimulai dengan sebuah ide yang segar baru inovatif. Untuk seorang pemula yang baru akan memulai sebuah usaha perlu mencoba sebuah strategi bisnis ini. Mengapa demikian karena kita dapat meminimalisir pengeluaran modal untuk membuat sebuah penelitian dan membuat sebuah prototipe. Yang paling utama adalah cobalah untuk kita menilai diri kita sendiri siapakah kita, apa yang kita punya baik dari sisi skill atau keahlian atau modal yang kita miliki. Dari situlah baru kita akan melangkah kira kira bisnis atau usaha apa yang cocok dan sesuai dengan diri kita. Beberapa artikel awal yang sudah saya tulis sempat membahas masalah ini tetapi hanya sekedar nya saja.

Pernah saya mengikuti sebuah acara yang diadakan oleh StartUp Indonesia. Saya akan mencoba membahas dari sisi diri saya, salah seorang panelis berujar jarang suatu usaha yang ada saat ini merupakan sebuah ide orisinil seseorang rata rata usaha yang mereka rintis saat ini merupakan sebuah usaha dari hasil strategi bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi. Mengapa demikian karena sebuah ide bisnis yang orisinil belum tentu banyak orang yang berminat untuk mengembangkan nya karena secara keberhasilan bisnis tersebut belum lah teruji. Mmmmhh sebuah pernyataan menarik bukan, sebuah cambuk buat saya untuk terus berusaha untuk selalu Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi sebuah usaha. Tetap mengunjungi blog ini yah insyaAllah berlanjut.

 

 

3 thoughts on “Strategi Bisnis untuk Pemula Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi

    • Search Engine Optimation om, namanya juga belajar belajar belajar. Wah mantaf neh sudah mulai ngeblog dari tahun 2008. Jadi malu say yang masih newbie makasih sudah berkunjung ya om

  1. Pingback: Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi « Ade Ermansyah

Leave a Reply

