Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Minuman

Tidak terasa ini merupakan artikel ke 20 yang saya tulis dalam blog sederhana ini, dan tidak terasa juga ini adalah artikel ke lima dari dari artikel tentang bisnis strategi. Masih berkutat dengan topik Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Minuman mudah mudahan sebuah opini kecil dan sederhana ini dapat bermanfaat bagi kawan kawan yang mengunjungi blog saya ini. Setelah kemarin membahas bidang makanan sekarang saya akan mengangkat bidang lain yaitu minuman walau sedikit ada persamaan tetapi mungkin cara menjalankan bisnis strategi yang berbeda. Kenapa agak berbeda akan saya coba paparkan dengan contoh kasus para pelaku bisnis di bidang ini. Sekali lagi saya menegaskan bahwa ini sebatas opini dari sisi saya pribadi berdasarkan bisnis strategi yang selama ini saya coba terapkan dalam kehidupan sehari hari.

Salah satu kasus yang saat ini sedang hangat di bidang bisnis minuman adalah masalah kopi tiam, serasa pengamat bisnis dan hukum nih saya. Padahal saya sempat penasaran dengan berbagai kedai kopi yang di awali dengan istilah kopi tiam. Tetapi setelah saya mendapatkan info dari berbagai media baik offline dan online sekarang baru mengerti. Ternyata Kopi Tiam yang berarti kedai kopi, merupakan istilah yang ada sejak dahulu kala di kalangan maaf etnies Tionghoa bukan maksud saya mengemukakan sara, saya mendapatkan penjelasan dari apa yang saya baca. Disini lah para pengusaha mencoba meracik dan menerapkan Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Minuman.

Dari sebuah istilah Kopi Tiam pun terjadi banyak perdebatan apakah nama ini pantas untuk di paten kan atau tidak, bayangkan kalau sudah ada banyak orang yang menggunakan nama toko mereka maka mereka harus mengganti kembali berarti harus re branding lagi. Dari jenis kopi yang ditawarkan kan pun tidak jauh berbeda, coba kita lihat beberapa waralaba warung kopi kecil mereka menerapkan Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi, mereka mecoba meracik kembali product product di gerai coffee shop yang telah terkenal untuk bisa masuk di pasar menengah ke bawah tetapi dengan brand layaknya sebuah coffee shop besar.

One thought on “Strategi Bisnis Lihat, Amati, Tiru dan Modifikasi di Bisnis Minuman

  1. Pingback: Refresh dari Blog Strategi Bisnis ku… « Ade Ermansyah

Leave a Reply

